Senin, 15 Agustus 2016

[Review] Drama Korea W (Two Worlds)

W two worlds

Pertama-tama, aku mau bilang kalau sepertinya tahun 2016 akan menjadi tahun yang bertaburan drama-drama menggiurkan.
Sebut saja salah satunya drama Another Oh Hae Young yang telah tamat. Sekarang, hadir drama Let's Fight Ghost, Uncontrollably Fond dan W yang baru hitz di kalangan pecinta drama. Drama Let’s Fight Ghost aku jatuh cinta sejak nonton episode pertamanya, begitu pula dengan W. Jujur aja aku belum pernah melihat drama yang dimainkan oleh Kim So Hyun, ya meskipun banyak yang bilang dramanya happening. Begitu pula dengan Lee Jong Suk, aku lebih suka perannya di drama W dibanding di Pinocchio entah kenapa. Dan kali ini, drama W sendiri akan aku ulas lebih lanjut.

Seperti yang sudah kubilang sebelumnya, aku suka peran Lee Jong Suk di drama ini. Alasannya sederhana, imejnya sangat cocok jadi cowok beken dengan aura-aura playboy konglomerat. Mukanya sangat mendukung wahaha. Adegan paling keren menurutku saat dia awalnya jadi tokoh kartun di dalam mobil sport merah kinclong lalu keluar nyamperin Oh Yeon Joo yang duduk bengong di halte depan rumah sakit. Beh, rasanya ikutan bengong bareng Oh Yeon Joo. Maz Jong Suk, culik aku.

Jong Suk di sini berperan sebagai Kang Cheol, pemenang medali emas dalam Olimpiade Athena 2004 kelas tembak. Ayahnya sendiri yang menjadi pelatihnya. Usianya saat itu terbilang cukup belia, ya bayangin aja masih muda udah berprestasi siapa yang ga seneng. Akan tetapi, kebahagiaannya tidak berlangsung lama. Penembakan misterius tiba-tiba menimpa, sehingga menewaskan semua anggota keluarganya (ayah, ibu dan kedua adiknya). Pistol yang digunakan untuk menghabisi seluruh nyawa keluarga Kang Cheol adalah pistol yang digunakan Kang Cheol dalam Olimpiade Athena. Selain itu, sidik jari Kang Cheol juga ada di situ. Padahal, saat itu Kang Cheol tengah berada di luar dan keluarganya sudah tewas begitu sampai rumah. Kang Cheol akhirnya ditahan dengan barang bukti pistol bersidik jari tangannya. Publik terkejut dan marah. Jaksa menuntutnya hukuman mati. Nasib Kang Cheol benar-benar terpuruk. Putus asa, marah, berkumpul menjadi satu dalam benaknya.

Setelah proses pengadilan yang panjang dan mendekam dalam penjara cukup lama, Kang Cheol akhirnya dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan. Namun, tak lantas penderitaannya berakhir begitu saja. Ia hidup sebatang kara dengan perasaan menyiksa yang membawanya pada keputusan melompat dari Jembatan Sungai Han. Dengan modal tekad ingin mengungkap pelaku pembunuhan keluarganya yang sebenarnya, Kang Cheol memilih mengurungkan niatnya. Singkat cerita, ia berkembang menjadi pria konglomerat petinggi perusahaan dengan aset milyaran won.

Di sisi cerita yang lain, ada seorang dokter wanita bedah jantung Oh Yeon Joo (Han Hyo Joo). Ayahnya merupakan seniman pencipta webtoon W yang sukses besar di pasaran. Dalam webtoon W ini Kang Cheol hidup dan banyak orang menggemarinya. Diluar dugaan, Ayah Oh Yeon Joo memutuskan untuk menghabisi Kang Cheol di seri ke-33 dengan membunuhnya secara tragis. Akan tetapi, di suatu malam ia menghilang tanpa ada seorang pun tahu. Di malam itu juga, Yeon Joo ditarik masuk untuk pertama kalinya ke dalam webtoon dan menyelamatkan Kang Cheol yang sekarat akibat diserang oleh orang asing. Ia mengira dengan menyelamatkan Kang Cheol maka semua akan baik-baik saja, tetapi ternyata berbuntut panjang. Ayahnya tetap berniat membunuh Kang Cheol bagaimana pun caranya karena menganggap pria itu adalah seorang monster yang harus dihabisi terlebih dahulu sebelum balik memangsanya. Setiap kali Kang Cheol dicoba dibunuh, Yeon Joo selalu mencoba menyelamatkan pria itu. Oleh karena itu, ia tanpa sadar ditarik masuk ke dalam webtoon.


Drama ini unik karena menggabungkan animasi webtoon dan tokoh asli. Webtoonnya pun tidak tanggung-tanggung, tokoh aslinya dengan yang di webtoon memiliki kemiripan cukup bagus (malah mungkin terkadang bagusan webtoonya wahaha). Alur ceritanya tidak tertebak dan ini nih yang jadi daya tarik drama ini. Biasanya kalau nonton drama, dikit-dikit bisalah nangkep ‘oh ini mesti gini nih akhirnya’. Tapi untuk drama W, saya tidak yakin dengan akhir ceritanya. Contohnya? Alur yang tiba-tiba Yeon Joo mengungkapkan kalau Kang Cheol hidup di dunia webtoon di episode 4 seingetku, CMIIW (ups, maaf spoiler). Hah. Aku kira bagian ini akan diungkap di episode belasan setelah mereka berdua beromantis-romantis ria. Aku telah salah duga. Drama ini memang menyuguhkan surprise untuk penontonnya. Harapanku, semoga tetap seperti itu hingga episode-episode selanjutnya karena sebagian besar drama agak kehilangan feel-nya di episode mendekati akhir. Sebagian besar drama itu boom di episode awal entah itu bagian lucunya, nyeseknya, keselnya, tapi langsung kempes di episode mendekati akhir. Ini berdasarkan pengamatan pribadi sih dalam memantau drama Korea yang berseliweran selama ini, tanpa menyebut drama-drama mana aja.

Bagian romantisnya aku suka, chemistry antara Jong Suk dengan Hyo Joo dapet banget meskipun netizen Korea bilang akting Hyo Joo di sini ga banget dan lebih mirip sitkom. Tapi monggo dilihat dan dinilai sendiri, aktingnya tidak mengecewakan dan seburuk yang dikatakan K-netz kok. Tentu tahulah, bagaimana tingkah polah ‘mereka’ biasanya. Keseluruhannya, drama W patut kalian pantau perkembangan tiap episodenya. Siapa tahu masuk di daftar drama favorit kalian tahun 2016.


Oke, sekian review drama W dariku. Semoga bisa memberikan sedikit pencerahan. Sampai jumpa ^^

Agustus, 2016
Mee

Baca review drama korea lainnya di sini.

4 komentar:

  1. hehe...bener bgt kdg drakor hilang greget di ujung cerita.W sejauh ini masih bikin nagih buat ditunggu walau jujur episode 12-13 antara berasa lari-lari,bengong n...ya sudahlah.
    Masih berharap nemu scene yg cute antara LJS n HHJ n moga happy ending biar ga mbedegel.hihi..

    BalasHapus
  2. Jong suk emang pas bnget main karakter kang choel...aku suka bget cerita drakor W unik walaupun di episod 13,14 rada bosenin tp msh tetep ok..

    BalasHapus